Evaluasi Penggunaan Aplikasi Games Kahoot Sebagai Media Asesmen

Authors

  • Meita Dwi Cahyani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Arief Nurrahman Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

asesmen, evaluasi, hasil belajar, kahoot

Abstract

Aplikasi games Kahoot merupakan salah satu platform yang dapat digunakan sebagai media asesmen bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dari penggunaan aplikasi games Kahoot yang telah dikembangkan sebagai media asesmen hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner evaluasi yang terdiri dari instrumen kualitas produk, instrumen usability, dan instrumen efektivitas. Instrumen diuji validitasnya secara isi oleh 5 ahli (expert judgement) dengan rumus Aiken V. Uji validitas konstruk instrumen menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan melihat hasil KMO and Bartlett test dan uji koefisien reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Nilai validitas isi menunjukkan ketiga instrumen mempunyai nilai 0.81-1.00. Hasil validitas konstruk menunjukkan nilai KMO sebesar 0.675 dan nilai reliabilitas sebesar 0.857. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas produk aplikasi games Kahoot dinyatakan sebesar 85,36% yang berarti sangat baik, tingkat usability aplikasi dinyatakan sebesar 87,73% yang berarti sangat baik, dan tingkat efektivitas aplikasi dinyatakan sebesar 90,53% yang berarti sangat baik. Sehingga dengan hasil evaluasi yang sangat baik ini diharapkan aplikasi games kahoot dapat terus digunakan untuk asesmen hasil belajar mahasiswa dengan berbagai inovasi kedepannya.

Downloads

Published

2024-04-01