Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas V SD
Keywords:
HOTS, inquiry training, IPA, LKPDAbstract
Tujuan pokok IPA adalah pengembangan cara berpikir tingkat tinggi (HOTS), sikap dan langkah-langkah kegiatan sains untuk memperoleh ilmu pengetahuan ilmiah. Melalui kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan menganalisis untuk memecahkan suatu masalah dengan prosedur ilmiah. Kegiatan ini disusun dalam sebuah lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengembangan LKPD dengan orientasi model pembelajaran melalui proses inquiry training dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di bidang sains, cara berfikir kreatif, keterampilan menemukan, mengolah dan menganalisis informasi. Namun kenyataannya, LKPD yang beredar di sekolah kebanyakan tidak memuat kegiatan eksperimen, demonstrasi maupun diskusi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan LKPD IPA berbasis Inquiry Training terhadap kemampuan HOTS siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 29 peserta didik dan guru kelas V SDN 060874 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diawali dengan studi pendahuluan, analisis kurikulum, analisis materi, analisis peserta didik serta analisis tujuan pembelajaran menunjukkan perlu adanya pengembangan LKPD IPA berbasis inquiry training yang mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)- nya dalam proses pembelajaran.