Studi Kasus Transformasi Kepala Sekolah Penggerak: Implementasi Inovasi dalam Penerapan Program Sekolah Penggerak
Keywords:
kepala sekolah penggerak, kepemimpinan sekolah, transformasi pendidikanAbstract
Studi ini melihat perubahan yang dilakukan oleh kepala sekolah penggerak di tujuh sekolah penggerak di Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara menyeluruh. Temuan utama menunjukkan bahwa kepala sekolah rata-rata memiliki pengalaman sepuluh hingga lima belas tahun, menunjang mereka dalam menerapkan pendekatan dan inovasi pendidikan yang berhasil. Meskipun tantangan dan ekspektasi yang tinggi, responden mengatakan bahwa mereka telah belajar banyak selama Program Sekolah Penggerak dan mampu menerapkan kurikulum baru, Kurikulum Merdeka. Diakui bahwa keberhasilan transformasi bergantung pada kerja sama dengan pihak berwenang, terutama guru dan orang tua. Jadi, kepala sekolah penggerak di Bandar Lampung memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMP, dengan dukungan dan kerja sama yang berkelanjutan.