Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD Negeri 055981 Beruam
Keywords:
canva, hasil belajar, pendidikan pancasilaAbstract
Kajian ini bermaksud menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri 055981 Beruam, dengan kajian ini bertipe kuantitatif model quasy eksperimental. Kajian ini memakai 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan media pembelajaran berbasis canva dan kelas dengan power point. Hasil kajian terlihat nilai pretest kelas eksperimen 42,4 serta kelas kontrol 41,2 dan hasil percobaan t didapat thitung 0,311 serta ttabel 1,708 dikarenakan thitung< ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rerata posttest kelas eksperimen 76 dengan standar digresi 12,24 serta kelas kontrol 67,6 dengan standar digresi 12,67. Hasil angka posttest kelas eksperimen dan kontrol diuji coba dengan memakai percobaan t satu pihak serta didapat hasil 2,780>1,708 yaitu thitung>ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima serta Ho ditolak yang bermakna terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar siswa.