Konstruksi Peran Kiai dalam Menghadirkan Hidden Curriculum sebagai Inovasi Pembelajaran Berbasis Hadis (Studi Analisis Hadis Pendidikan Moral pada Kitab Ṣahīḥ Bukhāri dan Muslim)
Keywords:
hadis, hidden curriculum, pendidikanAbstract
Tulisan ini membahas tentang inovasi pembelajaran pendidikan berbasis hadis- hadis Nabi yang terfokus pada kitab shahīhain Bukhāri dan Muslim. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data literature review. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif-analisis, yaitu memaparkan data yang berhasil dihimpun kemudian melakukan analisis dan olah data guna mencapai tujuan penelitian. Beberapa pembahasan yang dikaji dalam artikel ini adalah himpunan hadis-hadis dengan tema terkait, takhrij dari hadis yang dijadikan sumber penelitian, analisis hadis-hadis tersebut sehingga dapat merumuskan inovasi pembelajaran dalam pendidikan karakter. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, 1). terdapat beberapa hadis (peneliti sajikan dalam tabel) yang memiliki korelasi dengan kajian inovasi pembelajaran pendidikan. 2). Hadis-hadis yang dijadikan sumber penelitian, seluruhnya memiliki kualitas sahih. 3). Analisis dari hadis-hadis berikut menghasilkan beberapa konklusi, diantaranya adalah pentingnya memunculkan hidden curriculum dalam dunia pendidikan karakter.