Bagaimana Pengimplementasian Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Belajar Matematika: Studi Literatur
Keywords:
deep learning, pembelajaran matematika, peserta didikAbstract
Pendidikan di masa kini menuntut adanya inovasi yang sejalan dengan perkembangan teknologi termasuk dalam pembelajaran matematika. Salah satu yang dapat diimplementasikan adalah pembelajaran matematika yang meaningful, mindful, dan joyful (Deep Learning). Deep Learning bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, penuh perhatian, dan menyenangkan bagi peserta didik, yang akan membantu mereka memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi Deep Learning dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Study Literature Review yaitu dengan mengkaji penelitian terdahulu yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir yaitu antara tahun 2019 hingga 2025 mengenai pembelajaran yang meaningful, mindful, dan joyful dalam pendidikan matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan Deep Learning yang mengedepankan aspek pemahaman yang mendalam (meaningful), kesadaran penuh terhadap proses pembelajaran (mindful), dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (joyful) dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemecahan masalah, dan membuat pembelajaran matematika lebih efektif. Implementasi pendekatan ini tidak hanya mempermudah siswa dalam memahami materi matematika, tetapi juga meningkatkan sikap positif mereka terhadap pembelajaran matematika itu sendiri. Oleh karena itu, penerapan pendekatan Deep Learning dalam pendidikan matematika sangat relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran di era modern ini.