Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Materi Keanekaragaman Hayati Melalui Model Problem Based Learning Berbantu kumatalibi.com
Keywords:
keterampilan berpikir kritis, kumatalibi.com, problem based learningAbstract
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau yang dikenal dengan pembelajaran berbasis masalah, model ini menantang peserta didik untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan atau dunia nyata dengan cara bekerjasama di dalam satu kelompok sehingga menghasilkan pembelajaran yang kaya dengan sependapat serta solusi yang lebih konkrit. Di samping itu, adanya penggunaan media Kumatalibi.com selama proses pembelajaran membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,41 dengan kategori sedang. Adapun uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test menunjukkan 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Kumatalibi.com berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.