Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pendidikan Inklusi untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Zaky Zakaria Al Ansori Universitas Garut
  • Aliyah Muthi’ah Syarif Universitas Garut
  • Dalfa Azizah Universitas Garut
  • Kiki Khoerunnisa Universitas Garut
  • Siti Huzaimah Universitas Garut
  • Anton Anton Universitas Garut

Keywords:

fasilitator, inklusi, pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru sebagai fasilitator dalam pendidikan inklusi untuk siswa berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang setara bagi semua siswa dalam lingkungan belajar reguler. Dalam konteks ini, guru memainkan peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung, adaptif, dan inklusif. Guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai mitra yang mendukung perkembangan akademik, sosial, dan emosional siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menganalisis berbagai penelitian terdahulu untuk memahami strategi yang efektif dalam pelaksanaan pendidikan inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator mencakup penyediaan perangkat pembelajaran yang relevan, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, memberikan bimbingan emosional, dan memfasilitasi kolaborasi antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus.  Namun, penerapan pendidikan inklusi masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya pemahaman tentang inklusi di kalangan masyarakat dan sekolah. Dengan mendukung peran guru dan mengatasi hambatan yang ada, pendidikan inklusi dapat menjadi sarana untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang setara dan mendukung keberagaman. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan, pelatihan guru, dan kurikulum inklusif yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-03-25