Efektivitas LKPD IPAS Berbasis Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan

Authors

  • Ardhi Yudis Thira Universitas Lampung
  • Amrina Izzatika Universitas Lampung
  • Dayu Rika Perdana Universitas Lampung
  • Fuji Bestari Universitas Lampung

Keywords:

keterampilan berpikir kritis, LKPD, model inkuiri

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LKPD IPAS berbasis inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group desain.  Populasi penelitian ini berjumlah 42 peserta didik dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) LKPD IPAS berbasis inkuiri yang diterapkan sudah efektif dengan kategori baik dengan nilai N-Gain persen sebesar 63,94. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas LKPD IPAS berbasis inkuiri dengan keterampilan kritis peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05. (3) terdapat peningkatan perbedaan nilai rata-rata dengan nilai signifikan sebesar 0,00<0,05.

Downloads

Published

2025-03-25