Analisis Bibliometrik: Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Model Pembelajaran 1968-2024

Authors

  • Komang Ade Komala Savitri Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

analisis bibliometrik, keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran

Abstract

Model pembelajaran berbasis creative thinking merupakan pendekatan yang menempatkan kreativitas sebagai fokus utama dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka melalui berbagai aktivitas dan latihan yang dirancang untuk merangsang imajinasi, eksplorasi, dan inovasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi publikasi yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis berpikir kreatif dan mendeskripsikan karakteristik penelitian ini. Metode Analisis Bibliometrik digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah publikasi yang memuat pembelajaran berbasis berpikir kreatif meningkat dari tahun 2012-2023 dan mengalami penurunan di 2023-2024. Jumlah dokumen yang ditulis terbanyak dengan 6 dokumen adalah Tomi Apra Santosa, sedangkan penulis dengan sitasi terbanyak dengan 150 sitasi adalah Joshua d. Landau dan Richard L. Marsh. Journal of Physics Conference Series menjadi pemegang posisi teratas sebagai penerbit dengan 156 dokumen terbanyak. Tema baru yang muncul dalam bidang ini adalah “student”, “approach”, “creativity” dan “development”.

Downloads

Published

2025-03-25