Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Khoerunnisa

Authors

  • Nurlaila Rahmawati STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta
  • Rika Purnamasari STAI D.R K.H E.Z Muttaqien Purwakarta

Keywords:

anak usia dini, kolaborasi orang tua dan guru, perkembangan sosial emosional, proses pembelajaran, RA Khoerunnisa

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam urgensi kolaborasi orang tua dan guru dalam menstimulasi perkembangan keterampilan sosial dan emosional anak pada usia dini di RA Khoerunnisa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi model-model kolaborasi yang diterapkan, menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, serta mendokumentasikan praktik-praktik terbaik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan perwakilan orang tua, observasi partisipatif di lingkungan sekolah, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan transparan, partisipasi aktif orang tua dalam kegiatan sekolah, serta hubungan saling percaya dan menghormati antara   merupakan landasan keberhasilan kolaborasi. Berbagai praktik, seperti program parenting class yang membekali orang tua dengan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan, komunikasi rutin melalui grup WhatsApp untuk pertukaran informasi yang cepat, dan keterlibatan orang tua mengenai kegiatan sekolah (misalnya kegiatan kelas, perayaan, dan outing), memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial emosional anak. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan tantangan, termasuk retreatant waktu orang tua (terutama yang bekerja) dan perbedaan persepsi antara orang tua dan guru mengenai pendekatan proses pembelajaran anak. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan beberapa strategi, yaitu penjadwalan pertemuan yang fleksibel, dialog terbuka dan terstruktur, pelatihan kolaborasi bagi orang tua dan guru, serta penggunaan media komunikasi yang tepat dan beragam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan praktik kolaborasi yang lebih tepat dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak pada usia dini di RA Khoerunnisa dan lembaga PAUD lainnya.

Downloads

Published

2025-03-25