Literature Review: Implementasi PjBL-STEM dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Destama Einstean Shodiq Universitas Sebelas Maret
  • Muzazzinah Muzazzinah Universitas Sebelas Maret
  • Prabang Setyono Universitas Sebelas Maret

Keywords:

keterampilan abad 21, pembelajaran IPA, PjBL-STEM

Abstract

Pembelajaran PjBL-STEM menjadi kajian yang menarik dalam pembelajaran IPA. Integrasi model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM menjadi tren pembelajaran IPA yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PjBL-STEM pada pembelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan literatur review dengan mengumpulkan dan menganalisis penelitian penelitian dari database Google Scholar terkait topik PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan abad 21. PjBL-STEM dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA melalui model, modul, LKPD, media, bahkan perangkat pembelajaran.

Downloads

Published

2025-03-25