Persepsi Guru PAUD terhadap Kesiapan Belajar Anak di Kecamatan Plered
Keywords:
dukungan orang tua, fasilitas Pendidikan, guru PAUD, kualitas pelatihan guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru PAUD terhadap kesiapan belajar anak di Kecamatan Plered. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan lima sekolah PAUD di Kecamatan Plered dengan partisipan utama berupa guru PAUD yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi di kelas untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru tentang kesiapan belajar anak, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan tantangan yang dihadapi oleh guru PAUD dalam mempersiapkan pembelajaran untuk anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar anak dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kemampuan kognitif, emosional, dan sosial anak, serta faktor eksternal, terutama dukungan keluarga dan kondisi sosial-ekonomi. Guru juga menghadapi tantangan dalam mengelola keberagaman tingkat kesiapan anak serta terbatasnya fasilitas pendidikan di beberapa sekolah. Penelitian ini menyarankan agar ada peningkatan kualitas pelatihan guru, dukungan orang tua, serta fasilitas pendidikan untuk memaksimalkan kesiapan belajar anak di PAUD. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan di tingkat PAUD.