Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di RA AL-IJTIHAD

Authors

  • Silpa Alifatu Sidkiah STAI DR KH EZ Muttaqien
  • Nurlia Damayanti STAI DR.KH. EZ Muttaqien
  • Rika Purnamasari STAI DR.KH. EZ Muttaqien

Keywords:

anak usia dini, bullying, guru

Abstract

Bullying di dalam lingkungan pendidikan termasuk di tingkat RA/TK/PAUD, merupakan masalah yang bisa dibilang sangat serius yang dapat menghambat perkembangan sosial emosional pada Anak usia dini. Penelitian ini membahas bagaimana guru di RA AL Ijtihad mengatasi bullying kepada korban dan pelaku melalui pendekatan strategis yang terintegrasi. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, wawancara kepada  1 orang guru, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini membahas bagaimana peran guru  mengatasi bullying apa saja jenis- jenis bullying  dan faktor apa saja yang menjadi faktor anak dalam membully seseorang. Peran guru semestinya dapat menanamkan  nilai nilai karakter melalui pembiasaan harian yang menjadikan rutinitas positif, pemberian contoh perilaku yang positif, dan pengelolaan emosi anak, Guru juga aktif dalam memberikan bimbingan kepada anak yang menjadi korban maupun pelaku bullying, menggunakan metode dialogis yang berbasis empati. Selain itu, kerja sama kesadaran bersama betapa pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya peran seorang guru antara guru dan orangtua dilakukan melalui komunikasi intensif untuk membangun sebagai mediator dan fasilitator dalam menghadapi dan menangani bullying pada anak. Strategi yang diterapkan di RA Al Ijtihad menunjukan keberhasilan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter anak secara optimal.

Downloads

Published

2025-03-25