Implementasi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus
Keywords:
anak berkebutuhan khusus, pendidikan, pendidikan agama islamAbstract
Pendidikan merupakan elemen penting dalam kemajuan suatu bangsa, termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang dijamin oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk ABK melalui pendekatan tinjauan literatur (Literature Review). Kajian dilakukan terhadap 15 artikel relevan yang mencakup berbagai jenjang pendidikan, seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI untuk ABK tidak jauh berbeda dengan pembelajaran reguler, yaitu berpedoman pada silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penyesuaian terhadap kebutuhan individu siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui pendekatan komunikasi dan bahasa, menggunakan metode, media, serta strategi yang dirancang sesuai karakteristik siswa. Evaluasi pembelajaran menilai pemahaman kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengelolaan pembelajaran yang inklusif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi ABK.