Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning di PAUD: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis
Keywords:
deep learning, joyful, mindful, meaningful, paudAbstract
Mindful, meaningful, dan joyful learning merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang sadar, bermakna, dan menyenangkan bagi anak usia dini. Namun, implementasi ketiga pendekatan ini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menghadapi tantangan, terutama dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tren serta implementasi mindful, meaningful, dan joyful learning di PAUD melalui tinjauan literatur sistematis. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) berbasis pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) 2020 dengan sumber data dari Scopus (2015–2024). Hasil menunjukkan bahwa tren penelitian meningkat signifikan setelah 2019, terutama dalam mindful learning yang dikaitkan dengan regulasi emosi dan keterampilan sosial-emosional anak. Meaningful learning diterapkan melalui pendekatan bermain dan keterlibatan keluarga, sementara joyful learning menekankan lingkungan belajar yang inklusif dan partisipatif. Ketiga pendekatan ini berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD. Namun, tantangan dalam integrasi dengan kurikulum berbasis bermain serta keterbatasan pelatihan guru masih menjadi kendala utama. Oleh karena itu, diperlukan strategi lebih sistematis, termasuk pelatihan guru dan peningkatan keterlibatan orang tua, untuk memastikan implementasi yang efektif dalam pembelajaran anak usia dini.