Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya

Authors

  • Yeni Endiana UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

manajemen, pemeliharaan sarana prasarana, pendidikan

Abstract

Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban institusi pendidikan dalam memenuhi standar mutu pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan yang terpelihara dengan baik, maka akan mendukung jalannya proses pembelajaran dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 8 Surabaya dilakukan melalui beberapa tahapan. 1) Tahap perencanaan, mencakup perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. 2) Tahap pengorganisasian. 3) Tahap pembiayaan sarana prasarana bersumber dari dana BOS, BPOPP dan komite sekolah. 4) Tahap pelaksanaan pemeliharaan sarana prasarana melalui pemeliharaan rutin dan preventif. 5) Tahap inventarisasi dan pelaporan sarana prasarana melalui aplikasi Simbada, Dapodik dan Simas. 6) Upaya strategis dalam mendukung pemeliharaan sarana prasarana melalui program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka serta melakukan kerjasama antara pihak sekolah dan warga sekitar sekolah. Diharapkan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran dan motivasi untuk sekolah lainnya dalam memelihara sarana dan prasarana sekolah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.

Downloads

Published

2025-03-25