Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar
Keywords:
kepemimpinan instruksional, kinerja guru, lingkungan kerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 2) mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dah lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan korelasi dengan desain penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah guru di SD Negeri Se-Gugus Melati Kecamatan Metro Pusat, dengan sampel 86 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai Fhitung = 80,018 > Ftabel 1,46 dengan kontribusi sebesar 48,8% terhadap kinerja guru. 2) terdapat pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai Fhitung = 87,779 > Ftabel 1,46 dengan kontribusi sebesar 51,1% terhadap kinerja guru. 3) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar yang ditunjukkan berdasarkan nilai Fhitung = 72,052 > Ftabel = 1,46 dengan kontribusi sebesar 62,6% terhadap kinerja guru sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.