Peran Role Model Guru dalam Mengembangkan Kepribadian Anak di MI Miftahul Ulum

Authors

  • Ihdah Golbyah STAI DR.KH. EZ Muttaqien
  • Rika Purnamasari STAI DR.KH. EZ Muttaqien

Keywords:

guru, kepribadian siswa, role model

Abstract

Guru memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Misalnya, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai moral, keagamaan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam pengembangan kepribadian siswa di MI Miftahul Ulum, dengan menyoroti keteladanan yang ditunjukkan, strategi yang diterapkan, dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Miftahul Ulum berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui keteladanan dalam kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati. Guru juga berkontribusi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kegiatan sehari-hari siswa, seperti praktik ibadah bersama dan bimbingan moral. Meskipun demikian, penelitian ini mengidentifikasi tantangan, termasuk pengaruh teknologi, media sosial, dan budaya luar yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian siswa. Secara keseluruhan, peran guru sebagai teladan memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan kepribadian siswa di MI. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya agar dapat menjadi figur yang relevan dan efektif dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak baik.

Downloads

Published

2025-03-25