Systematic Literature Review: Pengoptimalan Media Pembelajaran dalam Implementasi Layanan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Keywords:
anak, konseling, layanan, media, pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren dan perkembangan penelitian media pembelajaran untuk layanan konseling serta menganalisis elemen-elemen kunci dalam konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review dengan memanfaatkan 54 artikel ilmiah yang bersumber dari database Scopus. Tinjauan artikel dilakukan menggunakan aplikasi Vosviewer. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam bidang penelitian ini sejak 2018, didorong oleh kemajuan teknologi pendidikan dan meningkatnya kesadaran akan pendidikan inklusif, meskipun kontribusi dari negara berkembang masih terbatas, sehingga menekankan perlunya kolaborasi internasional. Tinjauan ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik yang mengintegrasikan dukungan orang tua dan media pembelajaran yang disesuaikan untuk mengembangkan layanan konseling yang inklusif, efektif, dan berfokus pada kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan artikel yang hanya bersumber dari database Scopus, sehingga mungkin tidak mewakili secara komprehensif isu-isu media pembelajaran dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian selanjutnya perlu memasukkan artikel dari database internasional bereputasi lainnya, seperti Web of Science dan Dimensions Scholars.