http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/issue/feed Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi 2023-11-29T04:27:49+00:00 Nurain Suryadinata nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id Open Journal Systems <p>Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi (SINAPMASAGI) Universitas Lampung merupakan kumpulan artikel dari hasil kegiatan Penelitian atau kajian teoritis yang diikutsertakan pada kegiatan Seminar Nasional. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sekali dalam satu tahun yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Lampung.</p> <p><strong>ISSN (Cetak): 2809-1965</strong></p> <p><strong>ISSN (Online): 2809-0829</strong></p> http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/251 Pengaruh Strategi Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Peserta Didik 2023-11-06T10:32:14+00:00 Inny Hikmatin innyhikmatin2001@gmail.com Tri Jalmo innyhikmatin2001@gmail.com Nadya Meriza nadya@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi <em>flipped classroom</em> terhadap keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada materi sistem gerak. Penelitian ini menggunakan metode <em>quasy experiment</em>. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 7 Bandar Lampung yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dan VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik <em>cluster random sampling</em>. Data keterampilan komunikai lisan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi keterampilan komunikasi lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kategori rata-rata nilai keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 76,25 termasuk kategori baik dan pada kelas kontrol yaitu 59,68 termasuk kategori cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi <em>flipped classroom</em> berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi lisan peserta didik.</p> 2023-11-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/255 Fungsi dan Pentingnya Komik dalam Pembelajaran 2023-11-07T08:06:28+00:00 Tina Yunarti tina.yunarti@fkip.unila.ac.id Elisa Nur Aini elisa@mail.com <p style="text-align: justify;">Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Implikasi adanya media dalam proses pembelajaran adalah pesan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai menjadi lebih jelas, efektif, dan efisien. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah komik matematika. Kajian literatur ini bertujuan untuk menjelaskan secara teoritis fungsi dan pentingnya komik matematika dalam pembelajaran.&nbsp; Kajian literatur ini diperoleh berdasarkan data yang dikumpulkan dari beberapa sumber penerbit artikel. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil analisis menunjukkan kajian komprehensif tentang fungsi dan pentingnya komik matematika.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/257 Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Implementasi Keterampilan Abad 21 2023-11-08T04:32:49+00:00 M. Agis Ardiansyah magis230@gmail.com Nurulwati nurulwati@mailc.com Agus Wahyuni agus@mail.com Mawarni Saputri mawarni@mail.com <p style="text-align: justify;">Keterampilan abad ke-21 memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di era saat ini. Menteri Pendidikan mendorong mahasiswa MBKM untuk memiliki pemahaman mendalam tentang keterampilan abad ke-21 dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum mereka ditempatkan ke setiap sekolah, mahasiswa perlu memahami dengan baik keterampilan abad 21 agar dapat diimplementasikan secara efektif di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pandangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika yang mengikuti program mengajar MBKM mengenai implementasi keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Sebanyak 58 mahasiswa menjadi sampel dalam penelitian ini, di mana 10 di antaranya dipilih untuk diwawancarai secara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase akhir dari setiap aspek sub-indikator keterampilan abad 21 dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK yang mengikuti program MBKM terhadap implementasi keterampilan abad ke-21 sangat positif, dengan tingkat persetujuan mencapai 81,5%. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa merasa sangat setuju dalam mengaplikasikan keterampilan abad ke-21 saat mereka terlibat dalam proses&nbsp;pembelajaran.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/258 Penerapan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan E-LKPD Liveworksheets Berorientasi Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 2 Gedong Tataan) 2023-11-08T05:04:17+00:00 Fitriya Lukita Permata Sari lukitafitriya@gmail.com Dewi Lengkana dewi@mail.com Nadya Meriza nadya@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemandirian belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran <em>blended learning</em> berbantuan E-LKPD <em>Liveworksheets</em> kelas X di SMAN 2 Gedong Tataan pada semester genap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gedong Tataan dengan metode <em>quasy experiment</em> yang menggunakan desain <em>Pretest-Postest Equivalen Control Groups Design</em>. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 64 peserta didik dipilih melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Data dianalisis secara statistik melalui uji <em>Independent Sampel T-test</em> dengan taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran <em>blended learning</em> berbantuan E-LKPD <em>Liveworksheets</em> berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 (p&lt;0,05). Indikator kemandirian belajar tertinggi pemecahan masalah kriteria sangat baik (82,81%) terendah dalam indikator kontrol diri kriteria baik (63,59%). Kemudian terlihat peningkatan dalam setiap indikator antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dalam indikator inisiatif meningkat sebanyak (14,84%). Indikator percaya diri meningkat sebanyak (7,29%). Indikator tanggung jawab meningkat sebanyak (2,73%). Indikator pemecahan masalah meningkat sebanyak (16,75%). Indikator kontrol diri meningkat sebanyak (3,75%).</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/259 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Iklim 2023-11-08T05:35:36+00:00 Nisrina Nur Azizah nisrinaazizah17@gmail.com Dina Maulina dina@mail.com Berti Yolida berti@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 pesawaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik <em>Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Sampel diambil menggunakan teknik <em>Purposive sampling</em>, sehingga diperoleh kelas VII E sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui angket dan tes. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,50 kriteria “sedang” dan kelas control memperoleh skor <em>N-Gain </em>0,26 dengan kriteria “ rendah”. Uji hipotesis menggunakan <em>Independent Sample t-test</em> didapatkan nilai <em>Sig (2-tailed)</em> 0,000 &lt; 0,05. Hasil data angket minat belajar pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase minat belajar sebesar 80,36 % dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan model PBL berpengaruh tinggi terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/260 Student Discourse dalam Aktivitas Problem Solving 2023-11-08T23:27:28+00:00 Tina Yunarti tina.yunarti@fkip.unila.ac.id Indah Nabilla Nur Lutfiyyah Zariyatan indah@mail.com Nurain Suryadinata nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id <p style="text-align: justify;"><em style="text-align: justify;">Discourse</em><span style="text-align: justify;"> atau diskursus adalah alat untuk mengontruksi pengetahuan yang dapat berupa percakapan (lisan) dan tulisan. Diskursus dapat mendukung proses belajar siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Diskursus juga memungkinkan pengaksesan secara langsung suatu ide, hubungan antar ide, strategi, prosedur, fakta, alur matematika, dan lain-lain. Dengan demikian, untuk mendukung proses belajar siswa maka dibutuhkan sebuah aktivitas yang akan memunculkan diskursus siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa secara kualitatif berbagai sumber penerbit artikel yang berhubungan dengan aktivitas problem solving yang akan memunculkan student discourse. Desain yang digunakan adalah literature review. Hasil review tersebut memperlihatkan bahwa melalui aktivitas problem solving akan memunculkan student discourse.</span></p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/346 Observasi Penggunaan Alat Praktikum Rangkaian Baterai Sekunder dalam Menstimulus Keterampilan Proses Sains Siswa 2023-11-18T07:34:21+00:00 Anis Tasyani anistasyanitasyani@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penerapan keterampilan proses sains pada diri siswa penting untuk dilakukan, dikarnakan masih banyak siswa yang hanya memiliki pengetahuan tentang suatu konsep, tanpa mengetahui cara menemukan konsep maupun mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Keterampilan proses sains perlu diterapkan pada diri siswa untuk mengembangkan pemahaman dan kemampuan dalam memanfaatkan maupun mengidentifikasi bukti sains untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Keterampilan proses dapat dikembangkan dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui kegiatan praktikum atau eksperimen. Namun, salah satu kendala dalam pelaksanaan kegiatan praktikum yaitu ketersediaan alat dan bahan praktikum yang terbatas, sehingga memerlukan media pembelajaran dalam membantu siswa melaksanakan kegiatan praktikum. Salah satu alternatif untuk tercapainya keterampilan proses siswa secara maksimal adalah dengan adanya media pembelajaran, seperti alat praktikum. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket observasi keterampilan proses sains dan sistem penskoran menggunakan skala <em>likert </em>yang terdiri dari 17 pertanyaan<em>. </em>Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi penggunaan alat praktikum rangkaian baterai sekunder dalam menstimulus keterampilan proses sains siswa.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/347 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X.11 SMAN 2 Bandar Lampung 2023-11-18T12:02:33+00:00 Asrini Puspitasari ppg.asrinipuspitasari00@program.belajar.id Dina Maulina dina@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model <em>Problem Based Learning</em> di kelas X.11 SMAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada tahap pra-Siklus nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh adalah 71,32 dan 51,35%. Pada Siklus I didapat nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,16 dan ketuntasan klasikal 62,16%. Pada Siklus II naik menjadi 86,21 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,48%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan model <em>Problem Based Learning </em>(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/348 Penerapan Model PjBL Terintegrasi STEAM Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik 2023-11-18T13:42:23+00:00 Mitha Nur Cahyani mitanurcahyani17@gmail.com Viyanti viyanti@mail.com Anggreini anggreini@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik pemanasan global, dengan desain penelitian <em>Non-equivalent Control Group Design</em>. Sampel yang digunakan sebanyak 62 peserta didik kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2 di SMA 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian tentang topik pemanasan global. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata <em>N-gain </em>pada kelas eksperimen sebesar 0.5683 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata <em>N-gain </em>sebesar 0.4877 yang berada pada kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Didukung dari data hasil uji hipotesis <em>Independent Sample T-Test </em>diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.037 yang artinya penerapan model PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD Elektronik dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik pemanasan global.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/350 Evaluasi Implementasi Pembelajaran Online dengan CIPP Model pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung 2023-11-19T05:43:00+00:00 Lutfiah Agustin Hidayah fiaagustin596@gmail.com Undang Rosidin undang@mail.com Margaretha Karolina Sagala etha@mail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran daring ditinjau dari konteks <em>(context),</em> masukan <em>(input), </em>proses <em>(process),</em> dan hasil <em>(product)</em> pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) dibuat berdasarkan model evaluasi CIPP yang mencangkup <em>Context</em><em>, Input, Process,</em> dan <em>Product</em> dengan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil tingkat pencapaian responden (TPR), indikator <em>context</em> <em>evaluation</em> rata-rata 85,49 kategori baik, <em>input</em> <em>evaluation</em> rata-rata 85,49 kategori baik, indikator <em>process</em> <em>evaluation</em> rata-rata 85,49 kategori baik, dan indikator <em>product</em><em> evaluation</em> rata-rata 87,64 kategori baik. Sistem pembelajaran daring harus selaras dengan kebutuhan Program Studi Pendidikan Profesi Guru, termasuk memahami karakteristik mahasiswa, kurikulum program, dan infrastruktur teknologi yang tersedia.&nbsp; Sistem pembelajaran daring harus mencakup mekanisme evaluasi dan pemantauan yang efektif untuk mengukur kemajuan mahasiswa. Ketersediaan dan keandalan infrastruktur teknologi harus diperhatikan seperti akses internet, platform pembelajaran daring, dan perangkat keras pendukung lainnya.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/351 Studi Empiris Pengaruh Perhatian Orangtua, Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Literasi Sains 2023-11-19T06:31:38+00:00 Ade Mayasari adepfr09@gmail.com Usmeldi usmeldi@mail.com <p style="text-align: justify;">Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan siswa dalam menghadapi tantangan Abad 21. Namun hasil PISA menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Untuk mengatasi hal ini dicari factor apa saja yang mempengaruhi literasi sains siswa. Penelitian ini adalah studi empiris untuk mengetahui efek empat variabel terhadap literasi sains, yakni kebiasaan membaca, motivasi belajar, perhatian orangtua, dan kreativitas siswa SMP se-Kota Padang menggunakan analisis data SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Dari analisis data didapatkan bahwa perhatian orangtua memberikan efek besar terhadap kebiasaan membaca, motivasi belajar dan kreativitas, kebiasaan membaca memberikan efek sedang terhadap literasi sains, motivasi belajar memberikan efek sedang terhadap literasi sains, serta kreativitas memberikan efek sedang terhadap literasi sains. Signifikansi prediksi model diuji menggunakan uji q<sup>2</sup> didapatkan bahwa kebiasaan membaca memiliki kekuatan signifikansi sedang, motivasi belajar memiliki kekuatan besar, kreativitas memiliki kekuatan lemah, serta literasi sains memiliki kekuatan sedang. Pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien jalur, dengan signifikansi 5% dimana jika nilai p&gt;1,96 maka hipotesis diterima dan signifikan. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa dari enam hipotesis yang diajukan, seluruh hipotesis diterima sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/352 Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Manusia 2023-11-19T07:02:03+00:00 Shasa Deva Riyatno shasadeva@gmail.com Dina Maulina dina@mail.com Wisnu Juli Wiono wisnu@mail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>Liveworksheets</em> terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Quasi Experimental</em> dengan pola <em>nonequivalent control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII (delapan) semester genap di SMP Negeri 1 Metro tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian kelas VIII. 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII. 7 sebagai kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan angket. Tes berbentuk soal esai (uraian) dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Data tes kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan perhitungan nilai N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji <em>independent sampel t-test</em>. Data angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan kelompok kontrol sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Hasil uji independent sampel t-test memeroleh nilai <em>Sig. (2-tailed)</em> 0,000 &lt; 0,05, yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>Liveworksheets</em> berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem ekskresi manusia. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru sebagai referensi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/353 Pengaruh E-LKPD dalam Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi 2023-11-19T07:27:45+00:00 Muhammad Ikhlas Jaya ikhlasmetro18@gmail.com Rini Rita T. Marpaung rinirita@mail.com Nadya Meriza nadya@mail.com <p>&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam <em>Liveworksheets</em> berbasis PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes berbentuk pilihan jamak untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Selain itu diberikan juga angket sebagai data pendukung yang berisi pertanyaan mengenai respon peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji <em>Independent Sample T-Test</em> pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan nilai <em>N-Gain</em> sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan nilai <em>N-Gain</em> sebesar 0,19 dengan kategori rendah. Uji T terhadap nilai <em>N-Gain</em> menunjukkan hasil sig. (2-<em>tailed</em>) 0,00 &lt; 0,05. Hasil angket respon siswa yang diperoleh mendapatkan persentase 82,74% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam <em>Liveworksheets</em> berbasis <em>Problem Based Learning</em> terhadap kemampuan literasi sains siswa&nbsp; kelas VIII pada materi sistem ekskresi.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/354 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Fluida Dinamis 2023-11-19T08:05:24+00:00 Vandan Wiliyanti vandanwiliyanti@radenintan.ac.id Sri Latifah srilat@mail.com Muhammad Ridho Syarlisjiswan ridho@mail.com Adek Erni Kurnia adek@mail.com <p style="text-align: justify;">Smart Apps Creator atau biasa disingkat SAC merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat media pembelajaran atau sejenisnya yang berbasis Android atau iOS tanpa menggunakan bantuan kode pemrograman. SAC ini dapat menyimpan aplikasi dalam format HTML5 dan exe yang dapat digunakan di berbagai perangkat seperti laptop, komputer, dan gadget yaitu smartphone dan tablet. SAC dapat digunakan sebagai metode alternatif pada pembelajaran daring karena tidak memerlukan kuota internet pada pembelajaran daring. Aplikasi ini cocok jika diterapkan di area yang tidak terjangkau sinyal internet sehingga dapat digunakan kapan saja. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI dengan objek 12 siswa dari sekolah yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media pembelajaran fisika berbasis mobile learning dengan bantuan Smart Apps Creator dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi fluida dinamis. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan Research and Development (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penilaian materi oleh ahli materi memperoleh hasil rata-rata 8o%, penilaian materi oleh ahli media memperoleh hasil rata-rata 80%. Rata-rata hasil persentase posttest yang dilakukan siswa sebesar 94,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memahami konsep materi fluida dinamis dengan menggunakan Smart App Creator.</p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/369 Pengembangan E-LKPD Berbantuan PhET Simulation Berbasis Problem Based Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis 2023-11-29T04:27:49+00:00 Fitri Nur Hidayah fitri@mail.com Dimas Permadi dimas.permadi@fkip.unila.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-worksheet berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif pada materi pemanasan global. E-worksheet dikembangkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-LKPD dibuat menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate. Penelitian ini menggunakan Design &amp; Development Research (DDR) dengan empat tahapan DDR yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Hasil validasi produk yang dilakukan secara ahli sebelumnya memiliki kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,43. Lembar kerja elektronik PBL berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, secara praktis digunakan sebagai bahan ajar topik pemanasan global untuk siswa semester XI genap berdasarkan penilaian yang diperoleh dari tes keterbacaan, tes respon guru, dan tes respon siswa dengan persentase 78 %. Lembar kerja elektronik berbasis PBL berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis efektif digunakan sebagai bahan ajar karena berdasarkan hasil pretest dan posttest dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan kategori N-Gain rendah dengan skor adalah 0,22.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2023-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023