Pengaruh Tayangan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Dedy Setyawan Universitas Islam Balitar
  • Ratnawan Lukito Universitas Islam Balitar
  • Muhamad Wildan Sirojudin Universitas Islam Balitar

Keywords:

battle matematika, media, minat belajar matematika, youtube

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tayangan YouTube terhadap minat belajar matematika pada anak Sekolah Dasar di Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Jenis eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang siswa SD Kota Blitar yang ditentukan melalui teknik total sampling karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test yang diolah menggunakan SPSS Statistics 26. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar matematika siswa SD setelah menerima tayangan YouTube.

Published

2022-11-07

How to Cite

Setyawan, D., Lukito, R., & Sirojudin, M. W. (2022). Pengaruh Tayangan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Anak Sekolah Dasar . Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 59–68. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/94