Pengaruh Tayangan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Anak Sekolah Dasar
Keywords:
battle matematika, media, minat belajar matematika, youtubeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tayangan YouTube terhadap minat belajar matematika pada anak Sekolah Dasar di Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Jenis eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang siswa SD Kota Blitar yang ditentukan melalui teknik total sampling karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test yang diolah menggunakan SPSS Statistics 26. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar matematika siswa SD setelah menerima tayangan YouTube.