Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Acak Konkret dan Acak Abstrak: Analisis pada Materi Program Linier

Authors

  • Lintang Fitra Utami Universitas Lampung
  • Desrina Hardianti Universitas Lampung
  • Chika Rahayu Universitas Lampung

Keywords:

acak abstrak, acak konkret, gaya berpikir, komunikasi matematis

Abstract

Pentingnya kemampuan kominikasi matematis dalam membantu siswa menyampaikan informasi secara sistematis salah satunya kemampuan komunikasi matematis gaya berpikir siswa. Artikel ini menuliskan tentang analisis komunikasi matematis siswa dalam materi program linear dilihat dari gaya berpikir acak konkret dan acak abstrak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sample ditentukan menggukana teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik triangulasi metode yaitu metode tes dan wawancara. Teknik analisis kemampuan komunikasi menggunakan analisis data interaktif yaitu analisis kualitatif yang digunakan setelah pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan komunikasi siswa dengan gaya berpikir acak konkret pada indikator written text masuk kedalam kategori baik. Pada indikator drawing, siswa acak konkret masuk ke dalam kategori baik. Pada indikator, mathematical expressions, siswa acak konkret masuk ke dalam kategori cukup baik.  Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya berpikir acak abstrak pada indikator written text masih termasuk dalam kategori baik. Pada indikator drawing, kemampuan siswa acak abstrak termasuk ke dalam kategori cukup baik. Pada indikator mathematical expressions, siswa acak abstrak masuk ke dalam kategori cukup baik.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Utami, L. F., Hardianti, D., & Rahayu, C. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Acak Konkret dan Acak Abstrak: Analisis pada Materi Program Linier. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 274–282. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/848