Analisis Bibliometrik: Bagaimana Tren Penelitian Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Tahun 2014-2024?

Authors

  • Endah Febri Setiya Rini Universitas Sebelas Maret
  • Sentot Budi Rahardjo Universitas Sebelas Maret
  • Bramastia Bramastia Universitas Sebelas Maret

Keywords:

bibliometrik, literasi sains, pendekatan pembelajaran, pendidikan sains, science learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tren penelitian literasi sains dalam pembelajaran sains tahun 2014-2024. Jenis penelitian ini yakni  bibliometrik. Data didapatkan dari database Scopus tahun 2014-2024 sebanyak 300 artikel yang telah diseleksi dan dianalisis menggunakan VOSviewer. Hasil penelitian ini yaitu Zeidler pada tahun 2016 merupakan penulis dengan sitasi terbanyak, negara yang telah lama meneliti mengenai literasi sains dan pendidikan sains dalam rentang tahun 2014 hingga 2016 yaitu Canada dan Sweden, negara yang banyak meneliti dan berkolaborasi dengan negara lain terkait dua topik ini yaitu United States. Kedua topik ini sedang tren pada tahun 2022 hingga 2024 di negara China, Indonesia, Chili, Prancis, Firlandia, Belanda dan Kolombia. Hasil ko-okurensi visualisasi jaringan didapatkan 6 kluster berkaitan dengan bidang yang berkaitan dengan literasi sains, tuntutan literasi sains pada abad 21, pembelajaran, penilaian dan kurikulum serta keterampilan penting dalam pendidikan sains. Topik yang belum banyak diteliti yakni scientific inquiry, assessment, professional development, science learning, science communication, self-efficacy, sosioscientific issues, stem dan lain-lain. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya meneliti inovasi bahan ajar untuk meningkatkan literasi sains melalui pendekatan scientific inquiry, stem, sosioscientific issues, dan ethnosains.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Rini, E. F. S., Rahardjo, S. B., & Bramastia, B. (2024). Analisis Bibliometrik: Bagaimana Tren Penelitian Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Tahun 2014-2024?. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 242–251. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/821