Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Karya Sastra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains: Studi Kasus Novel Gampo (2020)
Keywords:
bahan pembelajaran, novel Gampo, pemahaman konsep, sains, sastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis bahasa dan sastra guna meningkatkan pemahaman konsep sains melalui gempa. Media pembelajaran tradisional sering kali dianggap kurang menarik dan sulit dipahami, terutama dalam bidang ilmu eksakta. Oleh karena itu, integrasi pendekatan sastra dalam penyampaian materi matematika dan sains diharapkan mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik dan konstruktivisme melalui novel Gampo (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dan bahan ajar yang memadukan narasi sastra dapat menjadi alternatif untuk membongkar dan mengajarkan berbagai pengetahuan melalui media sastra. Gampo dapat berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara teori dan praktik nyata, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami bagaimana gempa bumi terjadi dan dampaknya terhadap masyarakat. Buncy et al. menambahkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis cerita dapat meningkatkan pemahaman konsep sains siswa, dengan meningkatkan keterlibatan emosional dan motivasi belajar.