Desain E-modul Interaktif Berbantuan Microsoft Sway pada Topik Fluida Dinamis

Authors

  • Davina Alma Diaz Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

e-modul interaktif, fluida dinamis, microsoft sway

Abstract

Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan profil siswa, serta berfokus pada konten esensial dan pengambangan kompetensi yang dipengaruhi oleh media dan metode pembelajaran. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan e-modul interaktif menjadi salah satu upaya untuk memperluas pengalaman belajar siswa. Modul merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat dibuat menggunakan software baik modul cetak ataupun elektronik modul (E-modul). Disisi lain tantangan perkembangan teknologi perlu diintegrasikan dalam pendidikan, terutama dalam implementasi pendidikan fisika yang banyak berkaitan dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode research and development menurut model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Pembuatan e-modul interaktif ini tentunya memerlukan platform yang mendukung. Hasil dari penelitian ini berupa e-modul interaktif berbantuan microsoft sway materi fluida dinamis yang didalamnya terdapat aktivitas pembelajaran dengan perpaduan materi pembelajaran tentang fluida dinamis, video pembelajaran, praktik langsung berbantuan virtual lab, pengumpulan tugas, serta refleksi pembelajaran yang menarik. Dengan kolaborasi teknologi e-modul dan elemen-elemen pendukung pembelajaran, diharapkan dapat membangun pengalaman belajar yang menarik dan efektif.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Diaz, D. A. (2024). Desain E-modul Interaktif Berbantuan Microsoft Sway pada Topik Fluida Dinamis. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 171–176. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/804