Tren Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Keterampilan Berpikir Kreatif: Analisis Bibliometrik

Authors

  • Hening Tyas Almira Universitas Sebelas Maret
  • Sri Yamtinah Universitas Sebelas Maret
  • Mohammad Masykuri Universitas Sebelas Maret

Keywords:

berpikir kreatif, bibliometrik, problem based learning, revolusi industri

Abstract

Era Revolusi industry 4.0 menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas, keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru, menyelesaikan masalah dengan cara yang unik, dan mengembangkan solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis bibliometric  yang dianalisis menggunakan VOSviewer dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel ilmiah yang relevan dari data base scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. PBL mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam memecahkan masalah yang diberikan, sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kreatif mereka, termasuk berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan berpikir elaboratif.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Almira, H. T., Yamtinah, S., & Masykuri, M. (2024). Tren Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Keterampilan Berpikir Kreatif: Analisis Bibliometrik. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 163–170. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/803