Tren Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Keterampilan Berpikir Kreatif: Analisis Bibliometrik
Keywords:
berpikir kreatif, bibliometrik, problem based learning, revolusi industriAbstract
Era Revolusi industry 4.0 menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas, keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru, menyelesaikan masalah dengan cara yang unik, dan mengembangkan solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis bibliometric yang dianalisis menggunakan VOSviewer dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel ilmiah yang relevan dari data base scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. PBL mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam memecahkan masalah yang diberikan, sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kreatif mereka, termasuk berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan berpikir elaboratif.