Implementasi Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Kejuruan: Systematic Literature Review

Authors

  • Komang Ade Komala Savitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bayu Prasetio Universitas Pendidikan Indonesia
  • Titik Handayani Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

berpikir kritis, pendidikan kejuruan, project based learning

Abstract

Pendidikan kejuruan berfokus pada peningkatan kompetensi keahlian tertentu, yang membutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan abad ke-21, termasuk literasi digital, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Pengembangan keterampilan ini membutuhkan model yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan pengalaman belajar yang tidak hanya berfokus pada pemahaman teori, tetapi juga terlibat langsung dalam proyek-proyek yang relevan dengan dunia nyata. Salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pendidikan vokasi adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pendidikan vokasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian SLR dengan desain PRISM yang melibatkan beberapa tahapan, antara lain pemilihan data, kriteria penelitian dan ekstraksi data. Sumber data sekunder dari database Google Scholar dan Garuda dengan menggunakan bantuan Publish or Perish 8 dengan kata kunci “Project-Based Learning di SMK” dan “Keterampilan berpikir kritis di SMK”. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di pendidikan kejuruan.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Savitri, K. A. K., Prasetio, B., & Handayani, T. (2024). Implementasi Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Kejuruan: Systematic Literature Review. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 153–162. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/802