Literature Review: Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Etno-STEAM Untuk Mencapai Keterampilan Abad-21

Authors

  • Elma Nurhaliza Universitas Sebelas Maret
  • Nurma Yunita Indriyanti Universitas Sebelas Maret
  • Sri Retno Dwi Ariani Universitas Sebelas Maret

Keywords:

abad 21, etno-STEM/STEAM, pembelajaran IPA, profil pelajar pancasila

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam upaya membangun bangsa dan mempersiapkan generasi penerus yang dapat berpartisipasi aktif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat global dan perkembangan abad 21. Transformasi pada kurikulum Merdeka telah memberikan keleluasaan bagi guru ataupun siswa dalam menggali berbagai pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Salah satu inovasi pendekatan pembelajaran yang bersifat kontekstual adalah pendekatan Etnosains dan STEM/STEAM yang disebut dengan Etno-STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan penelitian tentang Etno-STEAM terutama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sains sebagai upaya untuk mencapai keterampilan abad 21. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui artikel dalam kurun waktu 2020-2024. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan: 1) Penerapan topik penelitian pendidikan mengenai Etnosains dan STEM/STEAM pada pembelajaran IPA paling banyak diintegrasikan dengan model pembelajaran yang berbasis konsep dan kontekstual, 2)  Desain pembelajaran Etnosains dan STEM/STEAM dirancang dengan melibatkan pembelajaran berbasis ICT, dan 3) Integrasi antara Etnosains dan STEAM, yang dikenal sebagai Etno-STEAM, merupakan inovasi pembelajaran yang efektif untuk melatih keterampilan siswa yang dibutuhkan di abad ke-21.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Nurhaliza, E., Indriyanti, N. Y., & Ariani, S. R. D. (2024). Literature Review: Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Etno-STEAM Untuk Mencapai Keterampilan Abad-21. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 134–152. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/801