Membangun Generasi Peduli Lingkungan Melalui Model Pembelajaran IPA

Authors

  • Shanti Andria Chairani Universitas Negeri Medan

Keywords:

IPA, model pembelajaran, peduli lingkungan

Abstract

Lingkungan hidup perlu diperhatikan hal ini karena lingkungan hidup di zaman global sekarang sangat memprihatinkan dari kerusakan lingkungan sampah berserakan dimana-mana, polusi udara makin meningkat dan lainnya. Sekolah dasar memiliki peran yang cukup penting dalam membangun generasi  Peduli lingkungan salah satunya melalui pembelajaran IPA. Metode penelitian dalam artikel ini adalah studi literatur tentang metode pembelajaran IPA dan pendidikan lingkungan hidup pada tingkat sekolah. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa model pembelajaran ipa dalam membangun generasi peduli lingkungan seperti model  Problem Based Learning (PBL), media interaktif dan model Sains Teknologi Masyarakat (STM), membangun generasi peduli lingkungan juga tentunya dipengaruhi oleh bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Chairani, S. A. (2024). Membangun Generasi Peduli Lingkungan Melalui Model Pembelajaran IPA. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 123–127. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/798