Efektivitas Model Quick On The Draw Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Authors

  • Ratna Sari Dewi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fraulein Intan Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran QOD, pendekatan CTL, self-efficacy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. Inovasi model pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. Model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL membuat siswa terlibat aktif dan terlatih untuk dapat memahami suatu konsep dan bernalar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa, Pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan  pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL,QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap self-efficacy siswa. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai p-value sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL, QOD dengan pendekatan saintifik, dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Berdasarkan dari semua perhitungan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran QOD dengan pendekatan CTL berpengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran QOD dan DI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Dewi, R. S., Putra, R. W. Y., & Suri, F. I. (2024). Efektivitas Model Quick On The Draw Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 113–122. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/796