Penerapan Merdeka Mengajar pada materi ajar Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 2 Makassar
Keywords:
administrasi sistem jaringan, merdeka mengajar, penerapanAbstract
Artikel ini membahas mengenai Penerapan Merdeka Mengajar pada materi ajar Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 2 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran administrasi sistem jaringan berbasis Merdeka Mengajar di SMK Negeri 2 Makassar, serta kreativitas siswa dalam penerapan Merdeka Mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, dari berbagai narasumber yaitu guru administrasi sistem jaringan dan siswa SMK Negeri 2 Makassar. Dokumentasi berupa foto proses wawancara, profil sekolah, dan juga kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Merdeka Mengajar dalam pembelajaran administrasi sistem jaringan di SMK Negeri 2 Makassar sudah terlaksana cukup baik, meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal tersebut dapat tergambarkan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran administrasi sistem jaringan berbasis Merdeka Mengajar di antaranya: (1) Sarana dan prasarana yang memadai. (2) Guru yang selalu berusaha meningkatkan kompetensinya. Sedangkan untuk kreativitas siswa dalam penerapan Merdeka Mengajar, bahwa efektivitas pembelajaran Merdeka Mengajar adalah memiliki kesiapan dan cara belajar yang dilakukan oleh siswa itu sendiri, baik yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok. Kreativitas menjadi aspek kunci yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, sehingga siswa dapat mengubah gagasan-gagasan mereka menjadi tindakan nyata yang memiliki manfaat.