Implementasi Pembelajaran Bioentrepreneurship Berbasis Eksperimen “Friendly and Healthy Soap” di Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
bioenterprenuership, friendly and healhty soap, kreatifAbstract
Bioenterpreneurship merupakan suatu pendekatan yang memadukan antara konsep-konsep IPA dengan kewirausahaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran diterapkan dalam bioentrepreneurship berbasis eksperimen “Friendly And Healhty Soap” di peserta didik kelas IV SDN Proppo 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan mengandalkan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk memperoleh data yang relevan. Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran bioentrepreneurship berbasis eksperimen “Friendly And Healhty Soap khususnya SDN Proppo 1 Pamekasan, yaitu: melatih kemandirian belajar peserta didik, Pembelajaran bioentrepreneurship tidak hanya mengajarkan anak untuk berpikir kreatif dan inovatif, tetapi juga menumbuhkan sikap pantang menyerah dalam menghadapi tantangan. Keterampilan ini akan sangat berguna bagi anak saat mereka tumbuh dewasa dan menghadapi berbagai permasalahan kehidupandan menjaga lingkungan.