Kegagalan Siswa dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika pada Penyelesaian Soal Penalaran Matematis

Authors

  • Novita Dwi Lestari Universitas Lampung
  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung
  • Wayan Rumite Universitas Lampung

Keywords:

kegagalan, matematika, penalaran matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegagalan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual pada materi SPLSV yang mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 14 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX E SMPN 14 Bandar Lampung berjumlah 31 siswa, dengan jumlah siswa laki-laki yaitu 14 siswa dan jumlah siswa perempuan yaitu 17 siswa. Jawaban tes 31 siswa tersebut dianalisis kemudian diambil 3 sampel yang paling mewakili kegagalan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis pada materi SPLSV untuk diwawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berbentuk tes tertulis (soal) dan non tes (wawancara). Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa tes dan wawancara dengan siswa. Tes tertulis pada penelitian ini yaitu berupa soal uraian berjumlah 1 soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu diantaranya, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa terdapat 41,9% siswa yang mampu mencapai tahapan menyajikan pernyataan matematis, kemudian 0% untuk tahapan mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Lestari, N. D., Nurhanurawati, N., & Rumite, W. (2024). Kegagalan Siswa dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika pada Penyelesaian Soal Penalaran Matematis. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 65–72. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/786