Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Diah Oga Nusantari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Keywords:

matematika, pemecahan masalah, team assisted individualization

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Teknik yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis untuk beda rata-rata yang dilakukan dengan menggunakan uji-t, didapatkan nilai t hitung > t tabel (4,16 > 2,01), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Global Teknologi 25 Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Zulkarnain, I., & Nusantari, D. O. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 17–22. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/777