Pengaruh Penggunaan Modul Digital Berbasis Konteks Personal Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Authors

  • Linda Fajariyah Universitas PGRI Jombang
  • Jauhara Dian Nurul Iffah Universitas PGRI Jombang
  • Syarifatul Maf’ulah Universitas PGRI Jombang

Keywords:

hasil belajar, konteks personal, modul digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan modul digital berbasis konteks personal terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-21 MAN 3 Jombang sebanyak 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t-test dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai signifikansi lebih kecil 0,05 yakni 0,000 < 0,05, artinya  H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi terdapat pengaruh penggunaan modul digital berbasis konteks personal terhadap hasil belajar siswa SMA. Hal ini juga didukung dengan rata-rata hasil pre-test sebesar 19,82 sedangkan rata-rata hasil post-test sebesar 68,41. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan modul digital berbasis konteks personal. Selain itu juga hasil ini menunjukkan jika terjadi peningkatan antara nilai rata-rata antara pre-test dan post-test sebesar 48,59.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Fajariyah, L., Iffah, J. D. N., & Maf’ulah, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Berbasis Konteks Personal Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 10–16. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/776