Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pop-up book Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V
Keywords:
augmented reality, media pembelajaran interaktif, Pop-up book, IPASAbstract
Peran guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif, yang mampu mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Masalah yang signifikan terjadi kurangnya motivasi dan keterlibatan peserta didik, terbukti peserta didik pasif dalam pembelajaran meskipun menggunakan berbagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Pop-up book yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) untuk mata pelajaran ipa di Sekolah Dasar Kelas V. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE-Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pop-up book berbasis AR efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelaksanaan media ini di SDN Pandanwangi 3 berhasil memotivasi peserta didik, meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran, dan menunjukkan kepraktisan yang tinggi sesuai kuesioner dan hasil belajar. Evaluasi akhir menegaskan bahwa media ini valid, praktis, dan efektif dalam memenuhi tujuan pembelajaran. Disarankan agar media pembelajaran berbasis AR, seperti Pop-up book, diperluas ke mata pelajaran dan jenjang pendidikan lainnya. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas media tersebut di berbagai konteks dan disiplin ilmu, memastikan penerapan dan dampak yang lebih luas dalam lingkungan pendidikan.