Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covid-19: Penggunaan UKBM Berbasis HOTS Terhadap Self Regulated Learning Peserta Didik

Authors

  • Dodi Efriyadi Universitas Lampung

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, self-regulated learning, ukbm berbasis hots

Abstract

Pasca pandemi COVID-19, sekolah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan kondisi dan situasi penyebaran Covid-19 terkhusus di Kabupaten Pringsewu yang sudah berada pada zona orange. Pelaksanaan PTM terbatas di SMA Negeri 1 Pringsewu dilaksanakan dari pukul 07.15 sampai dengan 12.00 dengan membagi peserta didik dalam satu kelas menjadi dua kelompok belajar yaitu 50% belajar offline (disekolah) dan 50% belajar online (dirumah) dan dilakukan secara bergantian dari masing-masing kelompok. Proses pembelajaran yang dilakukan secara Blended Learning memberikan ruang kepada guru untuk menggunakan UKBM yang mampu mengintegrasikan peserta didik berpikir tingkat tinggi dan mempertimbangkan kondisi Self-Regulated Learning peserta didik selama belajar dirumah dan melakukan review pada saat kesempatan belajar disekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Self Regulated Learning peserta didik dalam menggunakan UKBM berbasis HOTS; (2) Kemampuan tingkat tinggi peserta didik yaitu kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah meggunakan UKBM berbasis HOTS. Metode dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Tipe Sequential Exploratory Design. Sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sampai 7 di SMA Negeri 1 Pringsewu yang berjumlah 217 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket Self-Regulated Learning, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1) Self-Regulated Learning peserta didik dalam kategori baik; dan (2) Rata-rata kemampuan tingkat tinggi peserta didik dalam kategori cukup baik

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Efriyadi, D. (2021). Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covid-19: Penggunaan UKBM Berbasis HOTS Terhadap Self Regulated Learning Peserta Didik. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 1–16. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/2