Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran dalam Jaringan (Kajian Literatur)

Authors

  • Pramudiyanti Universitas Lampung
  • Median Agus Priadi Universitas Lampung

Keywords:

kajian literatur, kemandirian belajar mahasiswa, pembelajaran daring

Abstract

Peristiwa pandemi oleh covid-19 telah memberikan dampak yang besar bagi kehidupan pembelajar di Indonesia khususnya di Lampung.  Keadaan ini memaksa semua pihak untuk beradaptasi, pihak  dosen terpaksa dan tertantang untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring, pun mahasiswa terpaksa belajar secara daring. Tujuan penulisan penelitian ini  untuk mengetahui ruang lingkup kemandirian belajar mahasiswa, teknik yang dilakukan untuk memperoleh data kemandirian mahasiswa dan beberapa penelitian mengenai kemandirian mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Pengumpulan data merujuk pada Pramudiyanti (2021) dan Argaheni (2020) dengan cara penelusuran literatur pada aplikasi google scholar dengan kata kunci  pembelajaran daring dan kemandirian belajar mahasiswa.  Hasill kajian diperoleh: 1) Kemandirian belajar yakni proses mengatur diri sendiri dalam kegiatan belajar.  Kemandirian meliputi tiga aspek yaitu perilaku, kognitif, dan motivasi, lebih mandiri belajar dengan kata lain senantiasa tidak tergantung kepada orang lain, menetapkan tujuan belajar, mendiagno­sis kebutuhan belajar, memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab serta mel­akukan evaluasi diri; 2) Teknik pengumpulan data kemandirian belajar mahasiswa yakni melalui kuesioner;  3) Diperoleh beberapa artikel penelitian mengenai kemandirian belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Pramudiyanti, & Priadi, M. A. . (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran dalam Jaringan (Kajian Literatur). Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 114–117. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/13