Studi Persepsi dan Strategi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung dalam Mencapai Prestasi Belajar di Perguruan Tinggi

Authors

  • Ria Mastutin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Marlina Kamelia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Aulia Novitasari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

persepsi, prestasi belajar, strategi

Abstract

Prestasi akademik merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan. Prestasi akademik merupakan cerminan hasil yang dicapai setelah mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan melalui indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Pendidikan Biologi UIN RIL merupakan salah satu program studi yang memiliki daya saing yang tinggi dalam seleksi ujian masuk, hal ini terlihat dari animo masyarakat yang tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun, dapat di simpulkan bahwa input yang baik maka memiliki output yang baik pula (IPK), namun kenyataan di lapangan diperoleh data bahwa input yang baik tidak menjamin perolehan indeks prestasi kumulatif yang baik, hal ini terlihat dalam perkuliahan, terdapat beberapa mahasiswa sulit memahami materi pembelajaran yang berdampak pada peroleh nilai akhir yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif.. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung.  Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 7 tahun ajaran 2019/2020 dengan range IPK tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified sampling. Data diperoleh melalui melalui wawancara tidak terstruktur dan pernyataan esai atau cerita dari responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Data yang diperoleh melalui esai dan wawancara menunjukkan faktor internal dominan yang dapat mempengaruhi prestasi akademik menurut mahasiswa yaitu indikator motivasi dengan persentase sebesar 80-90%, dan faktor lain yaitu kondisi fisik, bakat, sikap, minat, serta intelektual, sedangkan faktor eksternal dominan yang mempengaruhi adalah dosen sebesar 80-100%, dan faktor lain yaitu sarana prasarana, teman, keluarga, dan lingkungan sosial.

Downloads

Published

2021-11-27

How to Cite

Mastutin, R., Kamelia, M., & Novitasari, A. (2021). Studi Persepsi dan Strategi Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung dalam Mencapai Prestasi Belajar di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 79–90. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/10